Usah gentar wahai Mahasiswa!

Posted on November 26, 2010

1


One 16-year-old, who gave his name as Liam, said: “The effect of the cuts will mean that only wealthier people will be able to afford uni.”

(http://www.guardian.co.uk/uk/2010/nov/24/tuition-fees-protest)

Italian students storm Tower of Pisa, Colosseum

(http://www.reuters.com/article/idUSTRE6AO34P20101125)

We need to act now to stop budget cuts in education and other social services. The cuts will lead toskyrocketing tuitionĀ and other fees and commercialization of social services, which will result to a greater number of Filipinos being driven into further destitution.”

(http://www.lfs.ph/2010/11/23/a-call-to-strike/)

Bagai dalam mimpi, satu pergerakan gelombang telah melanda. Ia meletakan imaginasi aku mengibau balik cerita-cerita tentang pergerakan yang sebegini rupa, pada zaman 50’s dan 60’s. Mereka yang berstatus mahasiswa memilih untuk bersama masyarakat awam untuk bangkit dan turut serta mengetengahkan masalah-masalah dan ingin melakukan perubahan dalamĀ politk, alam sekitar, ekonomi, dan sosial.

Dalam kebanyakan revolusi – revolusi penting dalam sejarah dunia, Mahasiswa merupakan agen penting dalam membuat kepada sesebuah perubahan. Contoh seperti revolusi di Perancis, Indonesia, China, Eropah, dan Iran, yang mana Mahasiswa merupakan pendokong utama piagam-piagam revolusi pada zaman itu.

Aku setuju yang mana Mahasiswa mudah terpengaruh dek ideologi-ideologi kiri atau kanan, ini tidak bermakna yang Mahasiswa membuta tuli dan bulat – bulat telan apa yang ada di depan mata. Aku percaya dan aku bersumpah yang mereka setuju dengan ideologi berikut kerana ia mendorong kepada sebuah perubahan yang baik.

Mengapa inginkan perubahan? Ya, aku sebagai Mahasiswa sudah tidak percaya apa yang orang tua putuskan, apa yang mereka katakan. Aku inginkan perubahan, mereka di luar sana juga inginkan perubahan, dan aku percaya, kamu juga inginkan perubahan. Kenapa perlu takut? kamu bukan seorang sahaja berstatus mahasiswa, aku, dia, kamu, engkau dan mereka juga mahasiswa. Usah gentar, ayuh lantas bangkit dan bersuara! Hidup Mahasiswa!

ditulis oleh: Brader Mekong

Posted in: Brader Mekong